Sabtu, 30 September 2017

Mengenal Berbagai Kelas Pelayanan Dalam Bus



Selamat berjumpa lagi dalam tulisan saya ini. Hmm... bicara tentang kelas dalam bus, mungkin banyak diantara kita yang sudah familiar. Misalnya kelas eksekutif atau kelas ekonomi. Bagi mereka yang sudah terbiasa wira wiri kian kemari menggunakan jasa transportasi bus, mungkin hal ini mudah layaknya pelajaran anak SD saja. Namun, mungkin masih ada masyarakat yang masih belum familiar dan belum paham tentang hal ini. Bagi anda yang masih belum paham, dan ingin lebih mengetahui tentang berbagai kelas pelayanan dalam bus, mungkin tulisan saya ini bisa sedikit membantu anda.


Interior Milik PO. Nusantara Signature Class


Okee..... langsung saja saya jelaskan secara singkat. Untuk masalah kelas pelayanan di dalam dunia perbis-bisan di Indonesia umumnya dibagi menjadi kelas yaitu
  • ·        Ekonomi
  • ·        Bisnis
  • ·        VIP
  • ·        Eksekutif
  • ·        Super Eksekutif


Kelas Ekonomi

Hmm... ketika mendengar kata ekonomi – apalagi untuk bus – pasti yang terlintas di benak kita tak jauh jauh dari hal hal buruk. Panas, pengap, asap rokok yang ada di tiap sudut, pengamen yang datang silih berganti, bangku yang keras plus penumpang yang berdesakan – Lengkap sudah rasanya – Ya memang image itu masih melekat dan jadi stigma di masyarakat kita.
Eits.. jangan khawatir dulu. Tak selamanya bus ekonomi itu buruk, memperlakukan penumpang layaknya ikan sarden. Kini, karena tuntutan pasar, yang pasti sekarang bis kelas ekonomi tak seburuk itu. Sekarang sudah banyak bus ekonomi yang menyediakan fasilitas Air Conditioner alias AC, tanpa memungut biaya tambahan pada tarif bus. Bahkan ada juga beberapa bus yang dengan kelas ekonominya sudah terdapat fasilitas tambahan lain, seperti toilet dan smoking area.
Oke... lanjut membahas masalah kapasitas dan jumlah penumpang kelas ekonomi. Untuk formasi kursi/seat di kelas ekonomi ini adalah 2-3, dan jumlahnya sekitar 50 hingga 60 seat. Tetapi untuk jumlah penumpang yang bisa terangkut, lebih dari itu. Karena di bus ekonomi masih berlaku penumpang berdiri, sehingga total mungkin bisa memuat sekitar 80an penumpang. Dan untuk tambahan saja, untuk kelas ekonomi, tak melulu harus formasi seat 2 – 3 dan dengan jumlah seat sebanyak itu. Oke.... hal itu nanti akan dibahas di tulisan berikutnya saja

Kelas Bisnis

Lanjut saja ke bahasan berikut, kelas bisnis atau mungkin yang lebih dikenal dengan istilah cepat terbatas alias bis patas di masyarakat kita. Okelah... mungkin kita sudah familiar dengan istilah itu, kelas bisnis ini bisa dianggap sebagai bis patas juga – Meskipun tak sepenuhnya benar juga.
Untuk hal jumlah penumpang, kelas bisnis ini kapasitasnya sekitar 42 hingga 48 seat pada umumnya. O Iya... di kelas ini juga umumnya juga telah mentiadakan penumpang berdiri – sehingga banyak yang menyebut sebagai bis patas. Di kelas ini formasi seat alias kursi juga berbeda, yaitu formasi 2 – 2. Di kelas ini – hingga kelas Super Executive nanti – juga umumnya telah menggunakan recleaning seat alias seat yang bisa diatur rebah tegaknya sesuai keinginan penumpang.


Interior PO. MUNCUL
Patas Solo Semarang




Kelas VIP

Sesuai namanya, VIP alias Very Important Person, kelas ini adalah peralihan ke kelas yang lebih baik lagi pelayanannya. Untuk kelas ini biasanya digunakan di bus malam cepat. Selain VIP, ada beberapa Perusahaan Otobis atau PO, yang memberikan nama lain, antara lain Junior Executive , Eksekutif Muda, dll.
Untuk fasilitas yang tersedia umumnya adalah Air Conditioner, Recleaning Seat, Toilet, Smoking area dan lainnya sesuai kebijakan perusahaan otobus tersebut. Untuk jumlah seat juga beragam sesuai kebijakan perusahaan otobus dan kondisi bus sendiri , mulai 40 hingga 32 seat.

Salah Satu Interior V.I.P Milik PO. Santoso
Melayani Trayek Jakarta Jogjakarta


Kelas Executive

Ini dia kelas yang dianggap kelas tinggi dan memiliki prestise sendiri. Ya memang ada benarnya juga, dibanding kelas kelas yang sudah disebutkan tadi.  Di kelas inilah banyak Perusahaan Otobus yang bersaing sengit, ada yang menjual fasilitas tambahan yang wah, ada yang menjual kenyamanan yang lebih, dan lain sebagainya. 
Di kelas ini pula, sudah banyak yang memberi fasilitas tambahan seperti coffee maker, coolbox, free wi-fi, Audio Video on Demand alias AVOD, USB Charging Power Plug, dan fasilitas lain yang menarik penumpang. Kapasitas penumpang untuk kelas executive ini berada di kisaran 24 hingga 36 seat, tergantung kondisi bus dan tentunya kebijakan perusahaan otobis itu. Umumnya juga di kelas ini, di tiap seat juga telah dilengkapi foot rest & leg rest yang akan menambah kenyamanan penumpang



Interior Bus RAYA Execuitive Class
Jurusan Wonogiri Solo Jakarta Bogor

Super Executive Class

Yang terakhir dan sebagai puncak kasta pelayanan bus di Indonesia, Super Executive Class. Dari namanya tentu sudah mencerminkan bus itu sendiri. O Iya... ada beberapa bus yang menamai kelas SE – Super Executive – dengan istilah lain, ada yang mengistilahkan dengan nama Super Top, Big Top, Premiere Class dan lain sebagainya.
Di kelas ini kapasitas penumpang juga makin sedikit, sehingga jarak antar seat juga sangat lega dan tambah nyaman untuk perjalanan jarak jauh. Umumnya, di kelas ini berkapasitas 18 hingga 24 seat saja dalam satu bus. Sejauh ini yang masih eksis dengan kelas SE antara lain, Safari Dharma Raya, Nusantara, Raya, Haryanto, Shantika, Harapan Jaya, Rosalia Indah, Muncul , Gajah Mungkur dan Lorena-Karina ( khusus yang ini ada catatan tersendiri hehehe....)
Sebenarnya, kasta tertinggi di pelayanan bus ini, kian hari kian tersaingi dengan penerbangan ekonomi murah. Namun, masih ada yang eksis karena masih dipercaya dengan pelayanan yang benar benar “ Super “ itu tadi. Dan yang tidak bisa terganti, yaitu perjalanan dalam bus itu sendiri yang bagi sebagian orang masih asyik dinikmati. Menyusuri kehidupan dan kondisi dari satu kota ke kota lain mungkin menarik bagi beberapa orang (termasuk saya sendiri).



Interior dan Eksterior
LORENA Super Executive
Dengan Body Karoseri Rahayu Santosa
Jakarta Surabaya Malang



           Ya itulah tadi beberapa tulisan saya tentang beberapa kelas bus yang umum di Indonesia. Saat ini, bus masih bisa diandalkan karena banyak faktor. Salah satunya ya karena banyakanya variasi kelas dan juga variasi harga sesuai kondisi penumpang.
Untuk masalah kualitas pelayanan, pasti para pembaca memiliki banyak pertimbangan tersendiri dari banyak perusahaan otobus yang ada. Tentu karena penyedia angkutan bus ini didominasi oleh swasta. Maka tak heran banyak variasi dalam pelayanan itu. Yang diharapkan penumpang pastilah hal hal yang baik dalam melayani penumpang.







Baik, mungkin sekian dulu tulisan saya pada kesempatan ini. Semoga membantu anda dan menambah wawasan anda. Jika ada pertanyaan atau ada koreksi dan tambahan, silahkan anda tulis di kolom komentar dibawah. Mari kita saling berbagi wawasan dan pengetahuan.







Sumber Gambar : 
Instagram @busklasik
Fans Page Facebook Santoso Lover
Fans Page Facebook Barisan Ijo Sejati (B.I.S)
Koleksi pribadi





Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bis Tjipto yang Ninggal Crito

Owner PO. TJIPTO Alm. Bpk. H.J.K Soetjipto Memang kehidupan di dunia banyak yang menganalogikan seperti roda yang senantiasa berputa...