Sabtu, 30 September 2017

Bermula dari P.P PATAS JATIM



Peluncuran Perdana PP. PATAS JATIM pada 2 April 1990
Di Terminal Joyo Boyo Surabaya

Jawa Timur memang memiliki cerita tersendiri dengan dunia transportasi bus. Di Jawa Timur, hingga kini bus masih menjadi primadona masyarakat, karena harga yang murah, jam keberangkatan yang fleksibel, serta beragam pertimbangan lainnya. Di Jawa Timur pula persaingan antar perusahaan otobis juga terkenal sengit. Satu sama lain saling bersaing merebut hati para penumpang.
Okee..., langsung saja di tulisan ini akan dibahas tentang perkembangan bus cepat terbatas alias bus patas di Jawa Timur ini.
Awalnya bus patas di Jawa Timur ini dirintis melalui Pilot Project Patas Jatim yang selanjutnya dikenal sebagai PP. PATAS JATIM. Keberadaannya ditetapkan mulai 19 Maret 1990. Pada awalnya ada sebanyak 15 perusahaan otobis yang mengoperasian PP. PATAS JATIM. Peluncuran perdana PP. PATAS JATIM pada 2 April 1990 di Terminal Joyoboyo, Surabaya. Kala itu diresmikan langsung oleh Gubernur Jawa Timur Bpk. Soelarso.


PO. HAFANA salah satu pelopor bus patas di Jawa Timur yang masih eksis hingga kini

Bicara soal bus patas di Jawa Timur, trayek pertama yang dirintis adalah Surabaya – Malang. Bukan tanpa alasan, trayek ini menghubungkan dua kota besar dengan denyut perekonomian yang sibuk. Hal itu tentu menjadi pertimbangan utama dalam proses babat alas bis patas di Jawa Timur. Perlu diketahui, sebelum resmi diluncurkan program PP. Patas Jatim, tepatnya tahun 1988’an sudah ada bus dengan pelayanan dengan sistem cepat dan terbatas. Yaitu di trayek Surabaya – Malang yang dilayani Kalisari, Hafana, dan Menggala.
Di jalur Surabaya Malang, perusahaan otobis pertama yang melayani kelas patas adalah PO. Kalisari dan PO. Hafana. Bagi masyarakat Surabaya dan Malang mungkin sudah familiar dengan dua otobis tersebut. Dari segi armada kala itu, Kalisari mengandalkan bus Mercedes Benz OH, sedangkan Hafana sendiri menggunakan bus jenis Hino AK dan Mitsubishi BM.
Kala itu bus diberangkatkan dari terminal Wonokromo alias Joyo Boyo, belum di Bungurasih seperti sekarang. Setelah itu, mulai masuk pemain lainnya, antara lain, PO. Haz dengan armada Hino RK, PO. Menggala tampil dengan Mercedes OH dan OK series. Ada pula PO. Mandala, pemain besar kala itu yang juga ikut meramaikan dengan bus Hino RK-nya . Dana Dhasih dengan dapur pacu Hino RK. Laksana Anda dengan Hino AK dan Mitshubishi BM. Lalu mulai datang pemain baru lainnya antara lain, PO. Pangeran dan Medali Mas dengan bus Hino RK.

Foto Kenangan : PO. HAZ Patas Jatim kala itu dengan dapur pacu Hino RK


Saat ini, persaingan di jalur ini memang panas namun tetap dingin. Kalisari dan Hafana dengan Mercedes Benz OH-nya. Menggala dengan armada Mercedes Benz dan Golden Dragon, ketiga pemain inilah yang menjadi favorit di hati masyarakat sekarang. PO. Pangeran dan Mandala juga telah mundur dan kabarnya trayeknya diakuisisi oleh PO. Restu.
Setelah sukses di jalur Surabaya Malang, lalu dibukalah trayek Surabaya Madiun. Mandala, pemain besar kala itulah yang pertama kali mencicipi line ini dengan bus Hino AK dan RK miliknya. Selain itu ada pula Widji dengan Mitshubishi BM series. Kalisari dan Akas juga ikut bermain di jalur ini dengan armada Mercedes Benz OH.  Setelah itu, Widji mulai mundur teratur, disusul Kalisari dan Akas juga ikut absen di jalur ini. Keluarnya tiga pemain itu diiringi dengan masuknya Jaya, Cendana, Indrapura dan Restu. Kini yang bermain di line ini tinggal Restu, Jaya dan Cendana saja.

Bus Kenangan : PO. HARAPAN JAYA Patas Surabaya Tulungagung

Lalu ada line Surabaya Kediri Tulungagung. PO. Harapan Jaya dan Rukun Jaya yang pertama kali babat alas di jalur ini. Disusul dengan Sri Lestari dan Setiawan. Sekarang di jalur patas ini tinggal ada pemain tunggal yaitu PO. Harapan Jaya.
Di daerah timur – daerah Tapal Kuda – dibuka pula trayek Surabaya Probolinggo Jember / Bondowoso / Situbondo Banyuwangi. Jalur ini sejak awal memang “milik” keluarga Akas (Akas I,II, dan IV) termasuk Mila Sejahtera. Bus yang digunakan juga bervariasi, mulai Mercedes Benz OH, Hino RK dan AK, dan Nissan Diesel CB dan RB. Selain Akas, ada juga rival beratnya, apalagi kalau bukan Tjipto. Tjipto juga bermain di jalur ini dengan bus Mercedes Benz OH dan Hino AK. Ada pula PO. Jember Indah yang menggunakan bus Mercedes OH. Di saat yang hampir sama, juga dibuka line Jember Malang. Dengan tiga pemain sama seperti di atas tadi. Seiring berlanjutnya zaman, pasti ada yang berubah pula. Kini nasib dan cerita besar Tjipto harus berakhir, trayeknya banyak yang dijual ke berbagai macam PO lain, yang paling banyak yaitu ke PO. Ladju dan PO. Kemenangan. Jember Indah sendiri beberapa trayeknya dibeli Akas II – kemudian menjadi milik Akas Asri – dibranding dengan nama Jember Indah Asri. Datang pula pemain baru macam Sandy Putra dan Kemenangan. Kini di daerah Tapal Kuda, Mila Sejahtera masih menjadi primadona tersendiri. Disusul Akas Asri, Jember Indah dan Ladju.


Bus Legendaris Asli Pasuruan PO. TJIPTO

Untuk line Antar Kota Antar Provinsi alias AKAP, juga dibuka beberapa trayek. Untuk Surabaya Solo dirintis oleh Mandala dengan bus Hino RK-Turbo. Untuk trayek Surabaya Jogja dilayani oleh Mila Sejahtera dan Karmina Rizky dengan bus Hino RK, Hino AK, dan Mercedes Benz OH-nya. Mila Sejahtera dan Karmina Rizky sendiri adalah keluarga Akas Group. Kemudian Mandala mulai mundur di jalur ini. Masuklah Eka dengan Nissan RB dan Hino AK, Sumber Kencono dengan Hino AK dan Mitshubishi BM, serta Jaya Utama dengan Mercedes Benz OH. Kini yang masih bertahan dan menjadi rival sengit adalah Eka dan Sumber Kencono yang dibranding sekarang dengan nama Sugeng Rahayu.
Di jalur pantura, juga dibuka line Surabaya Semarang via Tuban. Yang dirintis oleh Mandalasari dengan Hino AK, RK, dan Mercedes Benz OH. Pemain lainnya yaitu Trigaya Putra dengan Nissan RB dan CB nya. Setelah itu, keduanya hilang dari peredaran dengan masuknya Jaya Utama dan Jawa Indah dengan armada Mercedes Benz OH eks. bus malam mereka. Disusul dengan Sinar Mandiri (Restu Group) dan Widji Lestari dengan Hino AK, dan Nusantara dengan Scania dan Hino RG. Semua masih eksis hingga kini, dengan catatan Trigaya Putra diakuisisi Jaya Utama, kemudian Jaya Utama menambah unit patas dengan bendera PO. Indonesia.










Nah, mungkin itu tadi ulasan singkat tentang sejarah & perkembangan bus patas di Jawa Timur. Jika ada dari para pembaca sekalian yang ingin mengkoreksi dan menambah info lain. Silahkan ditulis di kolom komentar. Terima kasih dan semoga bermanfaat.


















Sumber Foto        : Buku SETAHUN P.P PATAS JAWA TIMUR
                               

7 komentar:

  1. Wah, kok belum pernah lihat bus-bus itu ya..

    BalasHapus
  2. Iya, mas itu foto lama, dari buku yang diterbitkan dishub sendiri

    BalasHapus
  3. MAS SAYA MAU TANYA ,, UNTUK MENCARI DATA TENTANG BUS PATAS MASNYA MENCARI DIMANA DAN UNTUK FOTO TERSEBUT DAPAT DILIHAT DIBUKU DIMANA YA MAS, MOHON INFONYA UNTUK INFO STUDY OBSERVASI SAYA. TERIMAKASIH

    BalasHapus
  4. Owya cak..skedar info tambahan,skitar th 1994 an po Restu pernsh jga masuk jogja pake hino AK.Wktu itu blum jamanya bis full AC.Aku ingat ada yg kaca blakangnya ditulisi SHOGUN DI LAWAN..Jga ada po Jaya utama dgn armada BM..Sementra Mira blum lahir,yg ada baru po Jaya Raya msih dimiliki rokok gudang garam,makanya warna bisnya coklat kaya bunkus rokok GG.Jga po Jaya Utama dgn armada BM.Tpi karna intervalnya cuma 5 menit bahkan ada yg cuma 3 mnt maka sangat kacau banget lah line surbya jgja saat itu.Sempat jga bikin patas Surbya jgja,tpi gak bertahan lama.Padahal bis pake MERCY OH..Pernah jga cuma sbentar, Patas po Menggala pake hino RK.Akibat SELEKSI ALAM..,Akhirnya Restu & Jayut mundur dari line panas sampe sekrang..Nama po saat itu diantaranua:AGUNG EXPRESS jursan Malang srbya jgja,SUMBER KENCONO,JAYA RAYA punya Gudanggaram,RESTU,JAYA UTAMA,HASTI jursan Kediri jgja,MILA SEJAHTERA & KARMINA RIZKY,jursan jogja banyuwangi,AKAS jurusan Kalianget jogja,Dahlia indah & po SETIA JAYA jursan B litar solo pw kerto..Momggo ug masih punya kenangan dg jaman itu bisa share disni..aku,irewan jaya konco lawas cah karankajen jgja..

    BalasHapus
  5. Selain masih eksis melayanai rute Patas Surabaya-Malang PP, HAFANA juga melayani jasa sewa bus Pariwisata dengan berbagai macam tipe/model bus termasuk yang sedang digemari masyarakat saat ini yaitu HDD.
    Jika teman-teman ada yang berencana melakukan travelling bersama keluarga, teman, dll menggunakan bus, silakan berkunjung ke HAFANA:
    Jl. Gunungsari 17, Surabaya
    (031)5666628; 081803257722
    087852788588 (wa only)

    atau dapat mengunjungi Facebook dan Instagram nya di "pohafana"

    BalasHapus
  6. Era 80/90 an di Malang pernah ada bus Malam Adam, Agung express, Anugrah express, Pemudi express jurusan Malang Madiun Solo Yogya Magelang Semarang Denpasar juga Bus Malam Malang indah ngeline Malang Solo Yogya Magelang,
    Bus Malam Tjipto dgn trayek Malang Jakarta dan bus Malam Jaya utama jurusan Malang Solo Yogya Magelang Jakarta

    BalasHapus
  7. Era 80/90an busnya model classic dgn mesin mercy MB of 1113

    BalasHapus

Bis Tjipto yang Ninggal Crito

Owner PO. TJIPTO Alm. Bpk. H.J.K Soetjipto Memang kehidupan di dunia banyak yang menganalogikan seperti roda yang senantiasa berputa...