![]() |
Peluncuran Perdana PP. PATAS JATIM pada 2 April 1990 Di Terminal Joyo Boyo Surabaya |
Jawa
Timur memang memiliki cerita tersendiri dengan dunia transportasi bus. Di Jawa
Timur, hingga kini bus masih menjadi primadona masyarakat, karena harga yang
murah, jam keberangkatan yang fleksibel, serta beragam pertimbangan lainnya. Di
Jawa Timur pula persaingan antar perusahaan otobis juga terkenal sengit. Satu
sama lain saling bersaing merebut hati para penumpang.
Okee...,
langsung saja di tulisan ini akan dibahas tentang perkembangan bus cepat
terbatas alias bus patas di Jawa
Timur ini.
Awalnya
bus patas di Jawa Timur ini dirintis melalui Pilot Project Patas Jatim yang
selanjutnya dikenal sebagai PP. PATAS JATIM. Keberadaannya ditetapkan mulai 19
Maret 1990. Pada awalnya ada sebanyak 15 perusahaan otobis yang mengoperasian
PP. PATAS JATIM. Peluncuran perdana PP. PATAS JATIM pada 2 April 1990 di
Terminal Joyoboyo, Surabaya. Kala itu diresmikan langsung oleh Gubernur Jawa
Timur Bpk. Soelarso.
![]() |
PO. HAFANA salah satu pelopor bus patas di Jawa Timur yang masih eksis hingga kini |
Bicara
soal bus patas di Jawa Timur, trayek
pertama yang dirintis adalah Surabaya – Malang. Bukan tanpa alasan, trayek ini
menghubungkan dua kota besar dengan denyut perekonomian yang sibuk. Hal itu
tentu menjadi pertimbangan utama dalam proses babat alas bis patas di Jawa Timur. Perlu diketahui, sebelum resmi
diluncurkan program PP. Patas Jatim, tepatnya tahun 1988’an sudah ada bus
dengan pelayanan dengan sistem cepat dan terbatas. Yaitu di trayek Surabaya –
Malang yang dilayani Kalisari, Hafana, dan Menggala.
Di
jalur Surabaya Malang, perusahaan otobis pertama yang melayani kelas patas
adalah PO. Kalisari dan PO. Hafana. Bagi masyarakat Surabaya dan Malang mungkin
sudah familiar dengan dua otobis tersebut. Dari segi armada kala itu, Kalisari
mengandalkan bus Mercedes Benz OH, sedangkan Hafana sendiri menggunakan bus
jenis Hino AK dan Mitsubishi BM.
Kala
itu bus diberangkatkan dari terminal Wonokromo alias Joyo Boyo, belum di
Bungurasih seperti sekarang. Setelah itu, mulai masuk pemain lainnya, antara
lain, PO. Haz dengan armada Hino RK, PO. Menggala tampil dengan Mercedes OH dan
OK series. Ada pula PO. Mandala, pemain besar kala itu yang juga ikut
meramaikan dengan bus Hino RK-nya . Dana Dhasih dengan dapur pacu Hino RK.
Laksana Anda dengan Hino AK dan Mitshubishi BM. Lalu mulai datang pemain baru
lainnya antara lain, PO. Pangeran dan Medali Mas dengan bus Hino RK.
![]() |
Foto Kenangan : PO. HAZ Patas Jatim kala itu dengan dapur pacu Hino RK |
Saat
ini, persaingan di jalur ini memang panas namun tetap dingin. Kalisari dan Hafana dengan Mercedes Benz OH-nya. Menggala
dengan armada Mercedes Benz dan Golden Dragon, ketiga pemain inilah yang
menjadi favorit di hati masyarakat sekarang. PO. Pangeran dan Mandala juga
telah mundur dan kabarnya trayeknya diakuisisi oleh PO. Restu.
Setelah
sukses di jalur Surabaya Malang, lalu dibukalah trayek Surabaya Madiun.
Mandala, pemain besar kala itulah yang pertama kali mencicipi line ini dengan
bus Hino AK dan RK miliknya. Selain itu ada pula Widji dengan Mitshubishi BM
series. Kalisari dan Akas juga ikut bermain di jalur ini dengan armada Mercedes
Benz OH. Setelah itu, Widji mulai mundur
teratur, disusul Kalisari dan Akas juga ikut absen di jalur ini. Keluarnya tiga
pemain itu diiringi dengan masuknya Jaya, Cendana, Indrapura dan Restu. Kini
yang bermain di line ini tinggal Restu, Jaya dan Cendana saja.
![]() |
Bus Kenangan : PO. HARAPAN JAYA Patas Surabaya Tulungagung |
Lalu
ada line Surabaya Kediri Tulungagung. PO. Harapan Jaya dan Rukun Jaya yang
pertama kali babat alas di jalur ini. Disusul dengan Sri Lestari dan Setiawan.
Sekarang di jalur patas ini tinggal ada pemain tunggal yaitu PO. Harapan Jaya.
Di
daerah timur – daerah Tapal Kuda – dibuka pula trayek Surabaya Probolinggo
Jember / Bondowoso / Situbondo Banyuwangi. Jalur ini sejak awal memang “milik” keluarga
Akas (Akas I,II, dan IV) termasuk Mila Sejahtera. Bus yang digunakan juga
bervariasi, mulai Mercedes Benz OH, Hino RK dan AK, dan Nissan Diesel CB dan
RB. Selain Akas, ada juga rival beratnya, apalagi kalau bukan Tjipto. Tjipto
juga bermain di jalur ini dengan bus Mercedes Benz OH dan Hino AK. Ada pula PO.
Jember Indah yang menggunakan bus Mercedes OH. Di saat yang hampir sama, juga
dibuka line Jember Malang. Dengan tiga pemain sama seperti di atas tadi.
Seiring berlanjutnya zaman, pasti ada yang berubah pula. Kini nasib dan cerita
besar Tjipto harus berakhir, trayeknya banyak yang dijual ke berbagai macam PO
lain, yang paling banyak yaitu ke PO. Ladju dan PO. Kemenangan. Jember Indah sendiri
beberapa trayeknya dibeli Akas II – kemudian menjadi milik Akas Asri – dibranding
dengan nama Jember Indah Asri. Datang pula pemain baru macam Sandy Putra dan
Kemenangan. Kini di daerah Tapal Kuda, Mila Sejahtera masih menjadi primadona
tersendiri. Disusul Akas Asri, Jember Indah dan Ladju.
![]() |
Bus Legendaris Asli Pasuruan PO. TJIPTO |
Untuk
line Antar Kota Antar Provinsi alias AKAP, juga dibuka beberapa trayek. Untuk
Surabaya Solo dirintis oleh Mandala dengan bus Hino RK-Turbo. Untuk trayek
Surabaya Jogja dilayani oleh Mila Sejahtera dan Karmina Rizky dengan bus Hino
RK, Hino AK, dan Mercedes Benz OH-nya. Mila Sejahtera dan Karmina Rizky sendiri
adalah keluarga Akas Group. Kemudian Mandala mulai mundur di jalur ini.
Masuklah Eka dengan Nissan RB dan Hino AK, Sumber Kencono dengan Hino AK dan
Mitshubishi BM, serta Jaya Utama dengan Mercedes Benz OH. Kini yang masih
bertahan dan menjadi rival sengit adalah Eka dan Sumber Kencono yang dibranding
sekarang dengan nama Sugeng Rahayu.
Di
jalur pantura, juga dibuka line Surabaya Semarang via Tuban. Yang dirintis oleh
Mandalasari dengan Hino AK, RK, dan Mercedes Benz OH. Pemain lainnya yaitu
Trigaya Putra dengan Nissan RB dan CB nya. Setelah itu, keduanya hilang dari
peredaran dengan masuknya Jaya Utama dan Jawa Indah dengan armada Mercedes Benz
OH eks. bus malam mereka. Disusul dengan Sinar Mandiri (Restu Group) dan Widji
Lestari dengan Hino AK, dan Nusantara dengan Scania dan Hino RG. Semua masih
eksis hingga kini, dengan catatan Trigaya Putra diakuisisi Jaya Utama, kemudian
Jaya Utama menambah unit patas dengan bendera PO. Indonesia.
Nah,
mungkin itu tadi ulasan singkat tentang sejarah & perkembangan bus patas di
Jawa Timur. Jika ada dari para pembaca sekalian yang ingin mengkoreksi dan
menambah info lain. Silahkan ditulis di kolom komentar. Terima kasih dan semoga
bermanfaat.
Sumber Foto : Buku SETAHUN P.P PATAS JAWA TIMUR
Wah, kok belum pernah lihat bus-bus itu ya..
BalasHapusIya, mas itu foto lama, dari buku yang diterbitkan dishub sendiri
BalasHapusMAS SAYA MAU TANYA ,, UNTUK MENCARI DATA TENTANG BUS PATAS MASNYA MENCARI DIMANA DAN UNTUK FOTO TERSEBUT DAPAT DILIHAT DIBUKU DIMANA YA MAS, MOHON INFONYA UNTUK INFO STUDY OBSERVASI SAYA. TERIMAKASIH
BalasHapusOwya cak..skedar info tambahan,skitar th 1994 an po Restu pernsh jga masuk jogja pake hino AK.Wktu itu blum jamanya bis full AC.Aku ingat ada yg kaca blakangnya ditulisi SHOGUN DI LAWAN..Jga ada po Jaya utama dgn armada BM..Sementra Mira blum lahir,yg ada baru po Jaya Raya msih dimiliki rokok gudang garam,makanya warna bisnya coklat kaya bunkus rokok GG.Jga po Jaya Utama dgn armada BM.Tpi karna intervalnya cuma 5 menit bahkan ada yg cuma 3 mnt maka sangat kacau banget lah line surbya jgja saat itu.Sempat jga bikin patas Surbya jgja,tpi gak bertahan lama.Padahal bis pake MERCY OH..Pernah jga cuma sbentar, Patas po Menggala pake hino RK.Akibat SELEKSI ALAM..,Akhirnya Restu & Jayut mundur dari line panas sampe sekrang..Nama po saat itu diantaranua:AGUNG EXPRESS jursan Malang srbya jgja,SUMBER KENCONO,JAYA RAYA punya Gudanggaram,RESTU,JAYA UTAMA,HASTI jursan Kediri jgja,MILA SEJAHTERA & KARMINA RIZKY,jursan jogja banyuwangi,AKAS jurusan Kalianget jogja,Dahlia indah & po SETIA JAYA jursan B litar solo pw kerto..Momggo ug masih punya kenangan dg jaman itu bisa share disni..aku,irewan jaya konco lawas cah karankajen jgja..
BalasHapusSelain masih eksis melayanai rute Patas Surabaya-Malang PP, HAFANA juga melayani jasa sewa bus Pariwisata dengan berbagai macam tipe/model bus termasuk yang sedang digemari masyarakat saat ini yaitu HDD.
BalasHapusJika teman-teman ada yang berencana melakukan travelling bersama keluarga, teman, dll menggunakan bus, silakan berkunjung ke HAFANA:
Jl. Gunungsari 17, Surabaya
(031)5666628; 081803257722
087852788588 (wa only)
atau dapat mengunjungi Facebook dan Instagram nya di "pohafana"
Era 80/90 an di Malang pernah ada bus Malam Adam, Agung express, Anugrah express, Pemudi express jurusan Malang Madiun Solo Yogya Magelang Semarang Denpasar juga Bus Malam Malang indah ngeline Malang Solo Yogya Magelang,
BalasHapusBus Malam Tjipto dgn trayek Malang Jakarta dan bus Malam Jaya utama jurusan Malang Solo Yogya Magelang Jakarta
Era 80/90an busnya model classic dgn mesin mercy MB of 1113
BalasHapus