![]() |
Owner PO. TJIPTO Alm. Bpk. H.J.K Soetjipto |
Memang kehidupan di dunia banyak yang
menganalogikan seperti roda yang senantiasa berputar, adakalanya di atas dan di
bawah. Justru yang senantiasa tetap dan bisa selalu dilihat dalam kehidupan
adalah perubahan itu sendiri.
Bagi masyarakat Jawa Timur yang hidup
di era 80 hingga 2000’an awal – apalagi di daerah Tapal Kuda – bisa dipastikan
mengenal bis yang satu ini, TJIPTO. Mungkin masih teringat bus warna putih atau
abu abu dengan stripping biru ini bersliweran di jalan. Terutama di era 80
hingga 90 an, Tjipto ini sangat terkenal sebagai image bus yang nyaman.
Tjipto ini benar benar menjadi bis yang
ngetop. Perlu dicatat, di jaman itu suatu bus terkenal bukan seperti sekarang –
yang terkenal gegara bodi baru dan hanya karena banyak “mania” yang njepret itu
bis – Tjipto benar benar menjadi idola di mata penumpangnya. Image bus yang
nyaman, air conditioner yang adem, dan bangku yang empuk, melekat di perusahaan
milik pribumi Pasuruan ini.
Tjipto kala itu menjadi salah satu bis
besar di Jawa Timur. Tjipto ini sekaligus menjadi rival berat Akas yang saat
itu dijuluki rajanya bus di Jawa Timur. Persaingan kedua perusahaan otobus ini
benar benar sengit. Jika sekarang Eka dan Sumber Group menjadi pesaing ketat di
jalur jogjaan, maka rivalitas Akas dan Tjipto bisa dikatakan lebih dari
persaingan mereka sekarang. Jika Tjipto membeli unit baru maka dengan segera
Akas akan membeli unit baru yang lebih baik dari Tjipto untuk menyainginya,
begitu pula sebaliknya
![]() |
Tjipto dengan livery legendarisnya |
Untuk kelas ekonomi, Tjipto melayani
trayek Malang Jember, Surabaya Jember, dan Surabaya Bondowoso. Di kelas Patas,
Tjipto melayani line Surabaya Jember, Malang Jember, dan Surabaya Bondowoso.
Untuk armada Patas Tjipto sendiri seingat dan setahu saya banyak menggunakan
body keluaran Morodadi Prima yang terkenal dengan kenyamanan dan keawetannya.
Selain itu juga memiliki produk karoseri lain seperti New Armada.
Salah satu kebiasaan bus Tjipto ini
yaitu, selalu mampir di garasi sekaligus kantor pusat di Jalan Veteran Pasuruan
untuk kontrol karcis dan mengisi solar. Bus bus Tjipto yang mampir sejenak di
garasi ini digunakan untuk para asongan menjajakan dagangangannya, kacang rebus, pisang rebus, lumpia, dan juga sate kerang.
Untuk era ’80 hingga ’90-an, Tjipto ini
termasuk PO yang mapan. Menurut info yang saya dapat dari bapak saya dan
beberapa kenalan, Tjipto ini juga pernah berjaya di line bus malam Jakarta
Surabaya Malang di tahun ‘70 hingga ‘80-an. Jalur bus malam paling elite kala
itu . Pemain lainnya menurut cerita bapak antara lain PO. Kembang Express, Po.
Raseko, dan Po. Mawar. Dan merupakan bus Jawa Timur pertama yang mengekspansi
rute hingga ke Jakarta. Bapak juga bercerita jika pemilik bus besar asal Bogor juga secara tidak langsung “belajar” banyak dari PO. Tjipto ini. Selain
bisnis bus, owner bus Tjipto ini juga konon memiliki hotel WETA di Jalan
Genteng Kali, Surabaya.
Tjipto di akhir cerita manisnya, tahun 2015 sebelum dinyatakan pailit |
Sayang, PO. Tjipto harus mengakhiri
cerita manis perjalanannya di medio 2000’an. Sepeninggal ownernya, Bpk. H.J.K Soetjipto,
Tjipto ini mulai mundur teratur. Bisnisnya lantas dibagi ke kedua anaknya,
itulah sebabnya di bodi bus Tjipto pada sisa sisa kejayaannya terdapat simbol
lingkaran dan segitiga, sebagai tanda bus ini telah terbagi dua. Ya masalah
regenerasi bisnis ini memang bukan hal mudah. Setelah dibagi ke anaknya Tjipto
makin mundur teratur. Seperti macan ompong bisa dikatakan macam itu. Hingga
tahun 2010’an bis Tjipto tak seperti dulu. Bus patas yang dulu digemari
masyarakat juga sering trouble, bodi juga sudah kurang terawat, cat banyak
mengelupas sana sini, AC tidak lagi dingin dan masih banyak lagi. Trayek juga
banyak dijual ke PO. Ladju sekitar tahun 2010’an itu.
Setelah itu, di tahun 2014, sepertinya
mulai ada gebrakan baru dari Tjipto. Mulai meremajakan unitnya dengan armada
Mercedes eks. Pahala Kencana. Dengan warna dasar biru dan ungu. Serta mengusung
tagline baru “ The Great Java Eastern Heritage Autobus’’. Julukan itu memang
cocok seratus persen pas buat Tjipto.
Namun mungkin cerita berjalan lain, di tahun 2015, Tjipto dinyatakan
pailit. Seluruh cerita tentang Tjipto berakhir disini. Trayek milik PO. Tjipto
banyak diakuisisi PO. Kemenangan, beserta sisa beberapa armadanya. Namun
menurut penilaian saya, Tjipto “Kemenangan” ini berbeda dengan Tjipto yang asli
dahulu. Jika dulu dikenal dengan bus yang nyaman, namun hingga saat ini menurut saya masih
belum nampak di “penerusnya” ini.
Tjipto yang disewa trayeknya oleh PO. Kemenangan Surabaya |
Tjipto yang trayeknya disewa Hasbunallah Group |
Mungkin
itu tadi ulasan singkat dan nostalgia lebih tepatnya tentang sejarah &
perkembangan bus Tjipto. Jika ada dari para pembaca sekalian yang ingin
mengkoreksi dan menambah info lain. Silahkan ditulis di kolom komentar. Terima
kasih dan semoga bermanfaat bagi kita semua.
Bus langgananku di tahun 1977 - 1985 an, untuk line Malang-Jakarta, pp.
BalasHapusBeberapakali ikut jalan bareng instruktur driver trainee, syarat lulusnya driver bis malam Tjipto itu : penumpang harus bisa tidur (bawanya halus) dan sampai tujuan gak boleh terlambat banyak (ngebut tapi halus bawanya).
Assalamualaikum....masya allah...maaf kalo anda ingin tahu...saya adalah supir pribadi dari anak ke 2 almarhum Bpk. H.J.K Sutjipto. Ibu sekarang bermukim di jakarta..jujur saya sedih dan pilu membaca artikel anda...memang kehidupan itulah yg mengajarkan kita untuk senantiasa memegang prinsip..sayang sekali tidak dapat turun kepada anak" na dan cucu na..Al-fatihah untuk Alm. Bpk. H.J.K Sutjipto 🙏🙏🙏😢😢
BalasHapusAbah cipto dulu di darmo sentosa raya. Pernah dituntut pesangon karyawan po nya. Sampai menduduki dan tidur didpn rmhnya.
Hapushalo pak, bisa minta nomer hp yg bisa dihubungi? ada sesuatu yg mau sy tanyakan..
HapusMengenang masa lalu. saya dulu sering diajak jalan jalan sama ayah pakai bis tjipto karena ayah saya adalah supir pribadinya almarhum bapak tjipto. Alfatihah
BalasHapusEra nya terminal bus Pattimura Malang,dimana waktu itu masih era 1985 bus malam Tipto bersaing dgn bus Jaya Utama, Continental Megah express,Jawa indah, Super Armada,Lorena, Kramat djati, dgn jurusan yg sama yaitu Malang Surabaya Jakarta
BalasHapusbus langganan ku tahun 85-89... Bondowoso-surabaya pp. hampir sebulan sekali diajak ayah untuk ambil dagangan di surabaya. berangkat subuh trayek lewat arak-arak sampe Surabaya jam 8 pagi, jam 4 sore kembali lagi dari Surabaya ke Bondowoso
BalasHapusTjipto is the best ever
BalasHapusBis Tjipto ya bis banter
BalasHapushttps://youtu.be/Wjnf33M06Ig
Mantab..
BalasHapusBus legenda. Tahun 87-88.. Trayek bondowoso - surabaya brgkt jam 07:00. Kondektur nya cewek... Joss. Bus paling nyaman saat itu.
BalasHapus