Rabu, 04 Oktober 2017

HINO RG - Legenda yang Nyaman dari HINO


Kokpit dari Hino RG dengan bentuk setir menyerupai "V" terbalik
Jika anda seseorang yang tertarik dengan dunia perbis-bisan di tanah air, mungkin sudah mengenal yang satu ini. Hino RG, produk ini sudah sangat dikenal di Indonesia, dan sempat menjadi trendsetter di awal 2000’an. Hino RG di Indonesia sendiri dijual hingga tahun 2006’an, lalu diteruskan oleh adiknya, Hino RK-Z R235.
Hino RG ini mulai dipasarkan di Indonesia mulai tahun 1996’an menurut info dari bapak saya. Hino RG dipasarkan dengan dua model, RG1JNKA dengan sasis pendek dan RG1JSKA dengan sasis panjang.
Bisa dikatakan, Hino RG ini adalah adik penerus Hino RK2H alias RK Turbo, dengan dimensi sasis yang lebih panjang. Hino RG ini didukung dengan mesin seri J08C-Ti dengan kapasitas 7961 cc, dengan tenaga 240ps. Pada Hino RG ini juga telah dilengkapi dengan teknologi turbo plus intercooler.
Ada pula yang memberi info, jika Hino RG sendiri memiliki banyak kemiripan dengan Hino RN. Sasis yang digunakan oleh RG sendiri konon ceritanya lebih mirip Hino RN daripada Hino RK-8.
Dan menurut saya, dari suara mesin RG dan RN memang agak mirip. Suara mesinnya dari luar memang agak gahar, berbeda dengan RK-8 yang menurut saya lebih halus daripada RG dan RN. Ada yang bilang jika Hino RN sendiri adalah “penerus” dari Hino RG yang telah stop produksi di tahun 2006’an.
Menurut pengalaman saya dalam perjalanan menggunakan bus Hino, Hino RG inilah yang paling saya favoritkan. Suspensinya memang sangat empuk dan anteng. Suara di kabin yang lebih halus menurut saya daripada kakaknya, Hino RK Turbo. Dan menurut pengalaman saya sendiri, Hino RG ini sangat handal di trek lurus. Plus lagi, sasis RG yang juga relatif lebih panjang, sehingga pengaturan jarak antar seat bisa lebih lebar dan lega.
Menurut opini saya sendiri, varian Hino yang satu ini lebih nyaman dibanding adiknya, Hino RK8. Bisa dikatakan naik Hino RG ini 11/12 dengan naik Mercy Intercooler soal nyamannya, tentunya dengan driver yang mumpuni dan kondisi armada yang terawat pula.
Jika ada dari para pembaca sekalian yang ingin mengkoreksi dan menambah info lain. Silahkan ditulis di kolom komentar. Terima kasih dan semoga bermanfaat bagi kita semua.

Akas IV Hino RG dengan body Morodadi Patriot

Gunung Mulia Hino RG dengan Body Laksana Sprinter

 


3 komentar:

  1. paling seneng kalo lihat Rg punya akass, perasaan itu chasis panjaaang banget :D

    BalasHapus
  2. Tadi malam Minggu naik Hino RG akas 2 NR minus karoseri perlu diremajakan karena pas hujan deras bocor atapnya kalo mesin masih oke,tapi laki2 keras

    BalasHapus
  3. Hino RG memnag beda sensasi nya kmren ane naik RG dri jakarta ke kuningan saat trek luris enak bnget dan terasa saat sang pilot bejek pedal gas dalem² kebetulan duduk pas belakang pak sopir. Sasis RG ini memang bikin senam jantung saat di ajak manuver ato mosak masik terasa bnget miring² nih si RG satu dua lah kaya naik roller coaster hehehee

    BalasHapus

Bis Tjipto yang Ninggal Crito

Owner PO. TJIPTO Alm. Bpk. H.J.K Soetjipto Memang kehidupan di dunia banyak yang menganalogikan seperti roda yang senantiasa berputa...